APA ITU GULA SEMUT?

APA ITU GULA JAWA ?
APA ITU GULA SEMUT?
 gula semut adalah gula merah versi serbuk/kristal yang dihasilkan atau merupakan sebagian produk dari turunan dari pohon Aren dan Kelapa. penamaan gula semut sendiri karena bentuknya yang menyerupai sarang semut ditanah. gula semut memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan dengan gula merah versi cetakan.


beberapa keunggulan gula semut adalah aroma yang khas, umur penyimpanan yang panjang dengan kadar air 2-3%, mudah larut dalam air dingin atau panas, pengemasan yang praktis dalam kantong serta mudah dikombinasikan dengan bahan lain pada industri pengolahan makanan dan minuman.

bahan baku gula semut adalah nira yang berasal dari pohon kelapa dan pohon aren. nira aren dan nira kelapa mempunyai perbedaan dalam hal warna, aroma, rasa dan kadar kotorannya. nira aren memiliki rasa yang lebih manis, lebih jernih, lebih segar dan jumlah padatan yang terlarut pada nira aren lebih rendah dari pada nira kelapa.

gula semut dari nira kelapa memiliki keunggulan yaitu berbentuk kristal dan kadar airnya yang rendah sehingga umur simpannya lebih lama serta dapat berfungsi sebagai pengganti gula pasir.
sekalipun saat ini sudah ada yang berhasil membuat gula semut berwarna putih  tapi kapasitasnya masih skala laboratorium.

gula semut modern bisa menggantikan semua fungsi gula kecuali warna coklatmya. misalnya, kalangan penikmat kopi lebih memilih gula semut sebagai pemanis ketimbang gula pasir. mereka yang mempunyai pendidikan cukup tentu mengerti efek gula pasir terhadap kesehatan.


https://www.instagram.com/coconutsugaralabror/
https://www.tokopedia.com/gulamerahalabror

Komentar

Postingan Populer